Dalam usaha online ataupun offline, pemilihan warna memiliki peranan penting pada desain kemasan dari bisnis yang sedang dijalankan. Warna mempunyai peran dalam menciptakan suasana pembelian, memperkuat image produk, dan meningkatkan citra bisnis. Warna pun mampu mempengaruhi kenyamanan lingkungan dan menjaga mood.
Studi marketing bahkan menjelaskan bahwa warna dapat mendorong persepsi alam bawah sadar serta perilaku para konsumen. Setiap warna mempunyai dampak psikologis yang kuat dan berbeda-beda. Meskipun secara khusus unsur pemilihan desain warna menjadi salah satu tugas desainer produk, namun menjadi hal yang penting bagi para pelaku bisnis untuk mengetahui makna psikologis di balik kemasan produk. Mengapa demikian? Karena warna berpengaruh terhadap hasil desain kemasan produk akan dipasarkan kepada para konsumen.
Berikut ini adalah beberapa makna warna dalam pembuatan kemasan produk yang dapat menambah pengetahuan Anda sebagai pelaku bisnis:
Merah
Merah adalah warna yang sangat kuat dan menonjol. Warna merah mampu menarik perhatian mata yang sedang memandang dan memberikan efek semangat serta bergairah. Pada umumnya warna merah digunakan untuk desain kemasan produkmakanan karena warna merah dipercaya juga mampu meningkatkan nafsu makan.
Kuning
Warna kuning adalah warna yang memiliki makna hampir sama dengan merah yaitu mampu menarik perhatian bagi para konsumennya. Akan tetapi warna kuning juga memiliki makna ceria, fun, dan hangat.
Oranye
Warna oranye tercipta dari perpaduan antara warna kuning dan merah. Makna dari warna ini pun merupakan perpaduan dari warna keduanya. Warna oranye biasa digunakan untuk produk minuman, karena warnanya yang terlihat segar seperti buah jeruk. Selain itu, warna oranye juga bisa memacu kreativitas serta semangat muda.
Merah muda
Merah muda merupakan warna yang identik dengan kelembutan serta sisi feminim kaum wanita. Warna ini pun melambangkan rasa kasih sayang sehingga sering dipilih sebagai warna produk yang dipergunakan oleh wanita.
Hijau
Warna hijau memberikan makna sebuah ketenangan, kesegaran, dan pepohonan. Warna hijau banyak digunakan untuk kemasan produk yang berhubungan dengan pertanian, peternakan, dan produk obat-obatan.
Biru
Warna biru mempunyai makna cukup luas yang dapat diterapkan dalam berbagai jenis produk. Warna biru identik dengan laut dan kesegaran, sehingga sering digunakan sebagai desain kemasan produk minuman. Selain itu, warna biru bisa dikaitkan dengan berbagai produk bagi kaum pria karena dapat memberi kesan wibawa.
Maka, bisa kita tarik kesimpulan bahwa peran warna dalam desain kemasan produk sangat penting. Warna dapat dijadikan sebagai bentuk identitas produk yang memudahkan para konsumen dalam mengenal produk yang kita jual. Oleh karena itu, sangat direkomendasikan agar pemilihan warna pada desain kemasan produk harus disesuaikan dengan karakter produk.